Saturday, May 26, 2018

Pengertian Web Hosting dan Fiturnya

Pengertian Web Hosting dan Fiturnya - Web hosting merupakan layanan yang menyediakan tempat untuk menjalankan aplikasi atau penyimpanan data di lokasi terpusat (server) yang bisa diakses dengan koneksi internet. Hosting banyak untuk berbagai macam penggunaan mulai dari penyimpanan dan aplikasi situs web, transfer file pada FTP, pusat data email, dan lain sebagainya. 
Perlu diketahui bahwa hosting dibangun dalam kapasitas yang besar di komputer atau server yang handal. Server tersebut didukung dengan sistem pendingin dapat bekerja selama 24 jam terus menerus. Tak hanya itu, server hosting dan jaringan internet yang didukung dengan kecepatan tinggi. Sederhananya, hosting adalah tempat yang digunakan untuk menampung atau menyimpan semua data yang diperlukan dalam mengelola blog atau situs web.

Fungsi Web Hosting

Hosting untuk pemilik situs web dalam mengelola dan mengakses websitenya. Dengan adanya layanan ini, maka server situs web tidak akan mudah turun. Jadi setiap ada pengguna internet yang ingin mengakses situs Anda, maka orang-orang itu dapat mengaksesnya dengan mudah dan lancar. Fungsissinya, sekarang menjadi. Bagi para pebisnis. Karena hosting dapat memudahkan konsumen atau calon pembeli untuk mengakses toko online tanpa halangan selama 24 jam setiap harinya. Manfaat lain adalah untuk menyimpan data. Hosting berbayar biasanya dibedakan menjadi beberapa varian kapasitas, ada yang mencapai 300 MB, 50 MB hingga ratusan GB.

Fitur-Fitur Pada Web Hosting

Saat menggunakan web hosting untuk menunjang kesuksesan situs web Anda, tentu banyak hal yang perlu diperhatikan. Terkini adalah fitur-fitur yang dimiliki oleh web hosting itu sendiri. Berikut beberapa fitur yang ada pada web hosting yang perlu Anda ketahui.

1. kecepatan

Muat sangat penting agar situs web Anda dimuat secepat mungkin. Jika pengunjung situs Anda harus menunggu lama agar halaman Anda dimuat, mereka tidak akan memiliki pengalaman yang baik, dan mungkin tidak akan kembali. Selain itu, Google sekarang menggunakan kecepatan sebagai bagian dari kualitas situs mereka, yang memungkinkan Anda untuk memperbaiki bisnis SEO Anda yang lain.

2. Bandwidth


Bandwidth adalah ukuran jumlah data yang berasal dari situs ke pengunjung dalam beberapa periode waktu tertentu, biasanya per bulan. Jika Anda menjalankan blog pribadi atau situs untuk bisnis kecil, dan Anda tidak dapat menggunakan beberapa jumlah pengunjung setiap hari, maka Anda dapat menggunakan bandwidth dari layanan shared hosting. Jika Anda membangun situs yang lebih besar dan membutuhkan lebih dari satu kali atau setiap hari, maka menambah bandwidth akan menjadi alternatif.

3. Penyimpanan

Berapa banyak penyimpanan yang Anda butuhkan? Seperti biasa, ini tergantung.Seperti bandwidth, sebagian besar paket mengklaim menyediakan kapasitas penyimpanan "tak terbatas", namun selalu ada batasan. Anda mungkin tidak dapat menggunakan akun web hosting dengan penyimpanan hosting besar. Ini adalah penggunaan uang yang tidak efisien. Jika Anda butuh banyak file besar, gunakan layanan lain (seperti YouTube untuk video).

4. Skalabilitas

Masalah saat memulai situs web baru adalah Anda tidak benar-benar tahu apa yang Anda butuhkan. Anda dapat membuat beberapa dugaan tentang berapa banyak bandwidth dan penyimpanan yang Anda perlukan, namun hanya tebakan saja.
Untuk alasan ini, salah satu hal yang lebih penting untuk mendapatkan web hosting adalah: cara mudah untuk meng-upgrade. Anda memulai dengan berbagi hosting dan berharap untuk pindah ke VPS saat lalu lintas mencapai titik tertentu, apakah web hosting Anda dapat lakukan? Sangat penting untuk akun web hosting Anda agar mampu menggunakan pertumbuhan yang lamban dan stabil (melalui jalur upgrade yang masuk akal) dan juga lonjakan, lalu lintas yang tiba tiba
Itulah beberapa hal yang perlu Anda kuasai tentang web hosting. Salah satu penyedia web hosting yang terpercaya di Indonesia adalah Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia web hosting yang handal dan berkualitas. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, penuh dengan pelanggan, jaminan uptime 99,9%, hingga praktis dalam melakukan pembayaran. 
Silahkan bertanya pada kotak komentar dan jangan lupa dishare jika bermanfaat untuk kemajuan blog Prokodong ini, terima kasih !
Comments


EmoticonEmoticon