Thursday, May 24, 2018

Membuat Database MySQL dengan CMD


Membuat Database MySQL dengan Command Prompt - Pada artikel ini, kita akan membuat Database Mysql dengan menggunakan Command Promt.
sebenarnya, ada dua versi tampilan yang dimiliki oleh sebuah komputer dan sistem operasinya, yang pertama yaitu GUI (Graphic User Interface) dan yang kedua yaitu CLI (Command Line Interface).

Baca Juga : Pengertian Database MySQL


Keduanya sama-sama menarik, dan ada keunggulannya masing-masing. Tapi, di dalam sistem operasi Windows milik Microsoft ini, mereka menggunakan GUI untuk lebih menarik para konsumen, karena dengan GUI kita bisa mengkustomisasi tampilan sesuai yang kita inginkan, tapi sebenarnya di dalam GUI pun ada CLI yang bekerja, dan tampilan CLI ini sangat tidak bersahabat untuk para pemula apa lagi pengguna yang sukanya dengan cara yang instan. Nah, yang sekarang akan kita pakai adalah dengan cara CLI, tampilannya hanya layar hitam dan tulisan putih, tidak ada warna lain yang mendominasi.

untuk membuat sebuah database kaian harus menginstall sebuah aplikasi bernama XAMPP yang berfungsi untuk server local di komputer kita. untuk cara penginstalannya bisa di lihat di artikel sebelumnya.

baik lah langsung ke intinya, seletah kalian menginstall aplikasi xampp sebelumnya kalian buka aplikasi XAMPP nya dan jalan kan (klik start) pada kolom Apache Dan MySQL. Setelah itu klik tombol Shell.

Selanjutnya kita akan membuat database nya. ketik ” mysql -u root -p ” 

Selanjutnya langsung klik enter, untuk password kosongkan saja karna kita menggunakan user root.
selanjutnya kelik ” create database bikinmales; ” 
dimana create adalah perintah untuk membuat database dan bikinmales dalah nama databasenya.
seletah database telah di buat, selanjutnya kita ketik ” use bikinmales; “

dimana use adalah perintah untuk menselect database yang akan di operasikan, dan bikinmales adalah nama database yang akan di seleksi.

Setelah itu kita akan membuat tabelnya. ikuti perintah berikut.

create table berita (
-> id_berita int(10)primary key,
->judul varchar(150),
->tanggal date,
->deskripsi varchar(250),
->konten varchar(10000),
->kata_kunci varchar(100));
Tabel berita telah di buat, selanjutnya kita akan melihat hasilnya apakah tabel telah terbuat di database.

desc berita;
maka hasilnya akan seperti ini.


nah demikian lah dasar cara membuat database di MySQL. koding nya lumayan simpel kan?
agar kalian lebih lancar dan lebih memahami tentang perintah perintah dasar pada query mysql silahkan download modulnya disini.

Silahkan bertanya pada kotak komentar dan jangan lupa dishare jika bermanfaat untuk kemajuan blog Prokodong ini, terima kasih !
Comments


EmoticonEmoticon